Agoda

SEJARAH JAM GADANG


Tahukah Anda Bahwa Jam Gadang Di Bukittinggi Merupakan Saudara Kembarnya Big Ben, Dilondon, Inggris ??
Ternyata yang membuat mereka saudara kembar adalah Mesin Pada Jam Gadang ini sama dengan Mesin dengan big ben dilondon yang memang hanya 2 unit yg ada di dunia diproduksi oleh Pabrik Mesin Keluaran Jerman Bernama Vothmann relinghausen pada tahun 1892.
Jam Gadang yang didatangkan langsung dari rotterdam Belanda, melalui Pelabuhan teluk bayur ini merupakan hadiah Ratu Belanda kepada sekretaris Kota Fort de kock atau Bukittinggi sekarang. Namun arsitektur Bangunannya merupakan karya Tokoh Minang yg bernama Yazid Rajo Mangkuto sutan gigi Ameh.
Sepanjang Sejarahnya sudah terjadi 3x perubahan bentuk atapnya, lain kepepimpinan lain pula cita rasanya. Pada zaman hindia Belanda Atap berbentuk bulat dengan patung ayam jantan menghadap ketimur. Pada Jaman penduduk Jepang atap berubah Bentuk seperti Pagoda, dan setelah Indonesia Merdeka atap berubah menjadi bentuk seperti gonjong rumah Gadang.
Hal yang unik dari Jam Gadang ini adalah Material Bangunannya terbuat dari Kapur putih, putih Telur ,dan pasir Putih. Keunikan yang lain terdapat Pada susunan Angka IV romawi menjadi IIII.
Berminat Berkunjung Ke Jam Gadang yg spesial dan Unik ini.

Silahkan Hubungi :
PT.DUTA PESONA WISATA
Biro Perjalanan Wisata Anda Yang Mengerti Kebutuhan Anda untuk Melancong ke Sumatera Barat.
(sumber : wikipedia.com )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH JAM GADANG"

Post a Comment