Agoda

Fenomena Bonjol Khatulistiwa

sumber : www.ummi-online.com

Katanya di garis khatulistiwa telur bisa berdiri tegak? Kok bisa ya? Sebelumnya kita harus tau dulu dong apa itu garis khatulistiwa (equador) ?
Masih ingat ngakk pelajaran waktu SMP tentang garis khatulistiwa? Yang pada lupa, yuk kita kilas balik lagi.
Apa sih garis khatulistiwa?
Garis khatulistiwa(equator) adalah garis khayal yang melingkari bumi dan membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu utara dan selatan.  
Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga banyak orang menyebut Indonesia dengan sebutan Negeri Zamrud Khatulistiwa. Ada 8 provinsi yang dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua.
Selain Indonesia, kejadian serupa juga bisa ditemui di Afrika dan Amerika Latin. Di Afrika, garis khatulistiwa melewati empat negara, yaitu Gabon, Zaire, Uganda, Kenya, dan Somalia. Sedangkan di Amerika Latin, garis khatuliswatia melintasi Ekuador, Peru, Columbia dan Brasil.
Apa sih keistimewaan daerah yang dilalui Khatulistiwa?
Wilayah yang dilalui oleh garis khatulistiwa ternyata memiliki keistimewaan dibandingkan dengan daerah yang jauh dari garis khatulistiwa. Keistimewaan tersebut antara lain :
  • Seluruh wilayah yang dilalui garis khatulistiwa memiliki iklim tropis. Iklim tropis terletak antara 0° – 23 1/2° LU dan 23 1/2 LS dan hampir 40 % dari permukaan bumi.
  • Curah hujan, suhu, dan kelembapan rata-rata harian di wilayah ini tergolong tinggi.
  • Matahari terus bersinar sepanjang tahun, sehingga berbagai hewan dan tumbuhan dapat hidup di daerah tersebut. Sehingga flora dan fauna di wilayah yang dilalui garis khatulistiwa sangat beragam. (sumber : http://www.astalog.com)
Fenomena Unik Khatulistiwa :
Terdapat fenomena alam yang unik di garis equator ini, yang mana setiap tanggal 20-23 maret dan 21-23 september setiap tahunnya matahari akan sejajar dengan garis khatulistiwa. Pada tanggal tersebut, tepat pada jam 12 siang.
Ada dua kejadian :
  • Jika kita berada di garis equator maka bayangan kita akan berhimpit dengan badan atau bayangan kita tidak akan terlihat.
  • Jika kita meletakkan telur di garis khatulistiwa maka telur tersebut pun bisa berdiri tegak.
Secara Science peristiwa tersebut disebut dengan Titik Kulminasi yakni peristiwa dimana matahari tepat  berada di titik nol derajat (garis khatulistiwa). Selain itu, Kulminasi matahari juga menghasilkan gaya gravitasi yang cukup kuat sehingga bisa membuat telur berdiri tegak di titik nol derajat (sumber : http://www.cnnindonesia.com).
Nah, salah satu daerah khatulistiwa yang terdekat adalah Bonjol, Sumatera Barat guys. Betapa beruntungnya kita, ga perlu jauh – jauh keluar negeri, untuk bisa menyaksikan fenomena alam ini.
Dimana sih Lokasi Bonjol?
Bonjol terletak di kecamatan di kabupaten Pasaman, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Selain dilintasi oleh garis khatulistiwa (lintang 0°) dan bonjol juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol (sumber : wikipedia.org)
Lokasi tugu equator bonjol berada ditepi jalan raya Bukittinggi - Lubuk Sikaping yang merupakan bagian jalur Sumatera Lintas Tengah, lokasi objek wisata ini menghubungkan kota Bukittinggi dengan kota Lubuk Sikaping.
“You Are Crossing The Equator" merupakan kalimat yang tertulis di atas sebuah lapangan beraspal. Tulisan ini menjadi lambang bahwa kota ini dilewati garis khatulistiwa.
Sama halnya dengan garis khatulistiwa lain, bonjol juga memiliki beragam fenomena setiap tanggal 21-23 maret dan 21-23 september. Jika kita berada di garis equator maka bayangan kita akan berhimpit dengan badan atau bayangan kita tidak akan terlihat. Dan jika kita meletakkan telur di garis khatulistiwa maka telur tersebut pun bisa berdiri tegak.
Tidak hanya itu, konon kabarnya menurut penduduk setempat terjadi titik panas hanya dititik garis equador didaerah bonjol yang mengakibatkan munculnya sumber api yang mengakibatkan kebakaran didaerah equador.
Dengan posisi yang strategis ini harusnya Tugu Khatulistiwa menjadi destinasi wajib wisatawan di pasaman Barat tersebut. Jangan lupa mampir ya guys.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fenomena Bonjol Khatulistiwa"

Post a Comment